TOPIK :
Peran Teknologi sebagai Media Belajar pada mahasiswa.
JUDUL : Peran Internet dalam Membantu Mengerjakan Tugas pada Mahasiswa
NAMA KELOMPOK :
PENDAHULUAN
Internet adalah
sebuah sistem jaringan komputer global yang saling berhubungan yang menggunakan
standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di
seluruh dunia. Internet
berfungsi sebagai sarana mengirim surat (email) , sebagai
surat pembelajaran dan pendidikan serta mesin pencari (search engine).
E-mail adalah surat
elektronik yang banyak digunakan mahasiswa pada saat pengiriman tugas ke dosen
karena ada kalanya dosen tidak meminta hardcopy tetapi melalui softcopy. Email juga dapat
digunakan dalam berbagi hal file/ informasi/ slide yang berhubungan dengan
bahan mata kuliah. Surat pembelajaran dan
pendidikan juga
dapat diterapkan dalam tingkat universitas seperti laporan akademik , beasiswa,
e-learning, memberitahu jadwal perkuliahan. Selain itu,
mahasiswa juga membutuhkan mesin pencari (search
engine) untuk mencari informasi
tentang tugas, mengetahui penemuan-penemuan baru, berita-berita terbaru seputar
pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, dsb.
Internet
sendiri memiliki dampak positif, antara lain:
·
membantu mahasiswa dalam mengakses informasi
secara cepat.
·
Internet memberikan segala informasi
pendidikan yang sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para
mahasiswa dalam menunjang proses belajar mereka.
·
Membantu dalam hal
komunikasi jarak jauh.
·
Media hiburan dan lebih
mengajak mahasiswa bersosialisasi dengan pengguna yang lain.
·
Informasi yang
disajikan di internet lebih menarik dibanding informasi yang disediakan buku
sehingga mahasiswa lebih senang membacanya dari internet.
Selain dampak positif,
internet juga memiliki dampak negatif, yaitu:
·
Mahasiswa
cenderung akan tidak mengingat waktu buat kegiatan yang
lain.
·
Kesehatan mata
terganggu apabila digunakan dengan waktu lama.
·
Membuka situs yang
tidak sepantasnya.
LANDASAN TEORI
Internet
adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut
Cooperative Networked Educational Community of Tomorrow (Co-NECT) (Jones,
Tasmusen, & Moffit, 1997).
Dari pengertian
diatas dapat diartikan internet itu sebagai alat untuk membantu pembelajaran
termasuk mahasiswa dalam mengerjakan tugas.
ALAT ATAU BAHAN
Alat dan bahan
buku seperti alat tulis, pena, kertas, kamera, laptop, kuisioner.
ANALISA DATA
Data
diperoleh berdasarkan hasil pengisian kuisioner dari 50 mahasiswa dengan jumlah
pertanyaan di kuisioner.
SUBJEK PENELITIAN
Subjek
penelitiannya adalah beberapa mahasiswa/mahasiswi dari USU, UNIMED, UHN, UNIKA, POLMED, AMIK MBP yang berjumlah
50 mahasiswa.
JADWAL PELAKSANAAN DARI
PERENCANAAN HINGGA EVALUASI
JADWAL PELAKSANAAN
No.
|
Kegiatan
|
APRIL
|
MEI
|
JUNI
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
Pemilihan tema
|
X
|
||||||||||||||
2.
|
Pemilihan judul
|
X
|
||||||||||||||
3.
|
Diskusi metode pelaksanaan
penelitian
|
X
|
||||||||||||||
4.
|
Pembuatan kuisioner
|
X
|
||||||||||||||
5.
|
Pengisian kuisioner
|
X
|
||||||||||||||
6.
|
Diskusi untuk menganalisa data
kuisioner
|
X
|
||||||||||||||
7.
|
Membuat laporan
|
X
|
||||||||||||||
8.
|
Posting blog
|
X
|
||||||||||||||
Keterangan :
17 April 2012 : Pemilihan
tema dan judul
23 April 2012 : Persiapan
penelitian
25
April 2012 : Diskusi metode pelaksanaan penelitian
17 April 2012 : Pembuatan
kuisioner
5 Mei 2012 : Pengisian kuisioner
10 mei 2012 : Diskusi untuk menganalisa data
kuisioner
17 Mei 2012 : Membuat laporan
27 Mei 2012 : Posting blog
KALKULASI BIAYA
1. Fotokopi
kuisioner Rp 15.000
2. Reward untuk partisipan Rp 25.000
3. Biaya tidak terduga Rp
10.000 +
JUMLAH Rp
50.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar